Sabtu, Juli 10, 2010

 PRAJURIT PILIHAN YANG GAGAH BERANI DIMEDAN PERTEMPURAN
ARTI DAN MAKNA TUNGGUL 
BATALYON INFANTERI 509/BALAWARA YUDHA
     Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Skep/1423/XII/ 1964 tanggal 9 Desember 1964, Batalyon Infanteri 509 menerima Tunggul Batalyon sebagai lambang kesatuan yang berslogan “BALAWARA YUDHA“ yang berarti Prajurit Pilihan yang gagah berani di medan pertempuran.

     Bentuk

     Tunggul Batalyon Infanteri 509 Kostrad berbentuk 4 (empat) persegi panjang, yang terbuat dari bahan beludru warna hijau tua dengan jumbai warna kuning emas dari benang sutra. Pada bagian kanan terdapat lukisan Pataka Kostrad. Pada bagian kiri terdapat lukisan Tunggul Batalyon Infanteri 509 Kostrad dengan susunan sebagai berikut :
a. Bintang bersudut lima.
b. Kucing Hitam Condromowo.
c. Untaian Padi Kapas.
d. Pita dengan tulisan “Balawara Yudha”.
     
     Mahkota dan Tiang. Tunggul Batalyon Infanteri 509/9/2/2 Kostrad menggunakan mahkota dan tiang yang sama dengan mahkota dan tiang pada Pataka Kostrad, yang terdiri dari :
a. Bintang bersudut lima.
b. Burung raksasa dengan sayap melebar yang menggambarkan “Garuda Yaksa” dan                     menggenggam senjata “Cakra Agni”.
c. Bunga teratai mekar berdaun 17 helai.
d. Lingkaran 5 (lima) buah.
e. Tiang.
 
     Arti dan makna
   
    Bintang bersudut lima melambangkan Pancasila sebagai dasar/ falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang juga merupakan pedoman bagi setiap prajurit dalam membela dan mempertahankan Negara dan Bangsa, di samping itu juga sebagai simbol/lambang TNI-AD yang mengandung arti lima kebulatan tekad dalam Sumpah Prajurit.

     Kucing Condromowo dengan mulut menganga dan kuku yang tajam adalah merupakan kucing sakti yaitu mampu menangkap/menyergap mangsanya hanya dengan pandangan matanya saja. Sedang gigi Kucing Condromowo sebanyak 7 (tujuh) buah melambangkan Sapta Marga. Hal ini melukiskan bahwa prajurit Batalyon Infanteri 509 Kostrad selalu dalam keadaan siap siaga untuk melawan musuhnya. Dengan naluri keprajuritan yang dimiliki dan dengan Sapta Marga sebagai landasan berpikir, bersikap dan berbuat maka prajurit Batalyon Infanteri 509 Kostrad siap untuk menghadapi tantangan tugas apapun.

     Tata Warna

a. Hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran.
b. Kuning melambangkan kejayaan dan keagungan.
c. Putih melambangkan kesucian dan keiklasan.
d. Hitam melambangkan kekokohan dan keabadian.

     Bintang bersudut lima melambangkan Pancasila sebagai dasar/falsafah Negara Kesatuan Replubik Indonesia yang juga merupakan pedoman bagi setiap prajurit dalam membela dan mempertahankan Negara dan Bangsa, di samping itu juga sebagai simbol/lambang TNI-AD yang mengandung arti lima kebulatan tekad dalam Sumpah Prajurit.
     
     Burung raksasa dengan sayap melebar menggambarkan “Garuda Yaksa” yang mengandung arti :
a. Kesaktian.
b. Sayap terbuka lebar melambangkan kesempurnaan sesuai dengan tujuan Proklamasi 17 Agustus 1945. 
c. Menggenggam senjata “Cakra Agni“ melukiskan kebulatan tekad prajurit dalam menjalankan tugas selaku Bhayangkari Negara.

     Bunga teratai mekar berdaun 17 (tujuh belas) helai mengandung arti kemegahan dan kejayaan hari Proklamasi 17 Agustus 1945.

     Lima lingkaran mengandung arti bahwa setiap sila dalam Pancasila merupakan landasan idiil dan spirituil bagi Negara dan Bangsa Indonesia.

     Kesimpulan

     Tunggul Batalyon Infanteri 509 Kostrad “Balawara Yudha” dengan simbol Kucing Hitam Condromowo merupakan lambang kebanggaan Satuan yang melukiskan bahwa Prajurit Batalyon Infanteri 509 Kostrad memiliki keuletan dalam bertempur dan selalu berhasil dalam menundukan lawan/musuhnya.

     Prajurit Batalyon Infanteri 509 Kostrad dalam melaksanakan tugas selalu tabah, bijaksana, penuh dengan ketentraman dan keteguhan hati serta pantang menyerah.

     Prajurit Batalyon Infanteri 509 Kostrad merupakan pejuang pilihan yang tampil terdepan dengan gagah berani di medan pertempuran sebagai Bhayangkari Negara dan Bangsa yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentarnya
Saran dan Kritik Anda Selalu Membuat Perbaikan Blog Ini

DHARAKA FC

Comment

 
Powered by Blogger